Efisiensi dan Efektivitas Administrasi melalui Tata Naskah Dinas

Selasa, 27 November 2018

Dalam rangka penataan dan pembinaan arsip tata naskah dinas dalam lingkup Badan Standardisasi Nasional (BSN), melalui Biro Perencanaan, Keuangan dan Tata Usaha, menggelar kegiatan Sosialisasi Perka BSN tentang TND dan klasifikasi arsip di lingkungan BSN (27/11). Bertempat di ruang Merak Gedung MH Thamrin Jakarta, acara dibuka oleh Kepala Biro PKT, Beni Nugraha, di dampingi kepala bagian rumah tangga Yudi Prakoso.

Sosialisasi dihadiri oleh para fungsional arsiparis di BSN, dengan menghadirkan Dra. Sulistyowati, MM, Kasubdid Pusat III ANRI menyampaikan materi terkait pengenalan umum kearsipan dan 4 pilar kearsipan.

Sosialisasi tata naskah dinas ini sesuai Perka ANRI Nomor 2 Tahun 2014 tentang pedoman tata naskah yang ditindaklanjuti menjadi Perka BSN Nomor 7 Tahun 2017 dimana dalam peraturan ini diharapkan kepada ASN BSN untuk dapat memahami dan malaksanakan tata naskah dinas sebagai acuan dasar tertib administrasi perkantoran sesuai perkembangan Pemerintahan dan Pembangunan.

Karo PKT dalam sambutannya berharap kepada para arsiparis BSN setelah mengikuti sosialisasi  ini bisa memahami, berdaya dan berhasil guna dalam penulisan, penggunaan ruang atau lembar naskah dinas baik itu spesifikasi informasi, serta penggunaan bahasa Indonesia yang baik, benar dan lugas.

Sebagai pembicara utama Sulis menyampaikan aturan tata naskah dinas dibuat selain sebagai efisiensi dan efektivitas administrasi juga dibuat untuk  penyeragaman tata naskah dilingkungan BSN. "Yang tidak kalah penting adalah adanya kesamaan persepsi terhadap Tata Naskah Dinas yang diberlakukan di semua pusat/biro BSN", tambahnya.

Melalui sosialisasi ini arsiparis BSN diharapkan dapat memahami naskah harus dinas disusun dan diproses menurut tata cara dan bentuk yang telah dibakukan, sesuai dengan petunjuk teknis yang berlaku di BSN. (awg)

Copyright BSN @ 2016 All Rights Reserved